Menghidupkan Kembali Blog Zombie



Hari ini tanggal 1 Juli 2017 menandai hari pertama saya mencoba belajar mengenai teknik optimisasi mesin pencarian (Search Engine Optimization) atau yang biasa dikenal dengan bahasa keren "SEO". Cara yang paling mudah dan paling murah menurut saya salah satunya dengan menghidupkan kembali blog zombie.

Apa itu Blog Zombie? 


Blog zombie adalah sebuah istilah yang disematkan pada blog-blog yang pernah aktif digunakan oleh orang pada waktu lampau, lalu menjadi tidak aktif, dan kemudian diaktifkan kembali di masa sekarang. Link atau tautan yang mengarah ke sebuah blog yang sudah tidak aktif, masih tetap tersimpan rapi selama pemilik website yang meletakkan tautan tersebut belum menghapusnya dari properti mereka. Tautan ini biasanya disebut dengan istilah "backlink" dan umumnya digunakan oleh para pengelola website untuk melengkapi informasi yang sudah tersedia di blognya dengan mencantumkan sumber lain di website yang lain, sehingga diharapkan pengunjung website yang membaca artikel di website mereka akan mendapatkan informasi yang secerah-cerahnya.

Simpelnya begini. Sebut saja Budi, ia membuat sebuah blog di tahun 2004 yang berisi catatan perjalanannya keliling Eropa dan ia beri nama budigoestoeurope.blogspot.com. Namun di tahun 2008 ketika ia lulus kuliah dan mulai sibuk dengan pekerjaannya, Budi sudah tidak sempat lagi untuk mengisi dan memperbarui isi blognya, sehingga akhirnya blog budigoestoeurope.blogspot.com itu terhapus secara otomatis oleh sistem. Walau demikian, orang-orang atau pemilik website lain yang pernah membaca dan mampir ke blog Budi ini mungkin pernah mereferensikan blog Budi ini dalam website mereka. Misalnya Anton yang hobinya menulis blog tentang Vespa tuanya. Ketika Anton berkunjung ke blog Budi dan menemukan Budi bercerita tentang sebuah bengkel Vespa di Italia, Anton mengutip informasi dari blog Budi ini dan menautkan blog Budi di dalam websitenya. Sehingga pada saat tahun 2008 ketika blog Budi sudah tidak aktif lagi, tautan tersebut masih menempel dengan rapi di website Anton.

Di bulan April 2017, Dudu menggunakan sebuah alat untuk mencari blog-blog yang sudah tidak aktif dan menemukan blog Budi ini, lalu ia mendaftarkannya kembali. Secara otomatis, blog budigoestoeurope.blogspot.com ini aktif kembali, lengkap dengan tautan-tautan lama yang sudah lebih dulu melekat padanya. Asik kan?

Apa kelebihan Blog Zombie?


Blog zombie bisa dikatakan sebagai sebuah alat, atau metode yang digunakan dalam teknik SEO, untuk menaikkan posisi sebuah website dalam hasil pencarian organik di Google. Ada banyak faktor yang membuat mesin pencari, dalam hal ini Google, menempatkan sebuah website untuk berada pada posisi 1, 2, 3 atau 200 dan 300. Salah dua nya adalah sesuatu yang dinamakan Domain Authority dan Page Authority. Singkatnya, Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) ini menunjukkan derajat seberapa kredibelnya sebuah website dimata mesin pencari. Banyak faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya DA dan PA sebuah website, diantaranya orisinalitas konten atau isi website, baik isi website secara keseluruhan maupun isi artikel tertentu yang ingin ditempatkan di posisi pertama di hasil pencarian, serta seberapa banyak pemilik website lain mengarahkan pengunjungnya ke website tersebut, mungkin karena ada informasi yang sifatnya lebih lengkap, lebih baru, atau untuk alasan lainnya.

Ini adalah contoh DA dan PA untuk blog zombie yang sedang saya gunakan, anda bisa mengeceknya menggunakan tools gratis yang tersedia di smallseotools.com.

contoh DA PA blog zombie
Data DA dan PA dari smallseotools.com

Simpelnya begini. Ketika Budi mencari informasi tentang "jam buka Disneyland Paris" dan memasukkan kata kunci (keyword) tersebut ke dalam kotak pencarian, tentunya Budi ingin mendapat informasi yang seakurat mungkin, sehingga Google sebagai mesin pencari pun harus berpikir keras bagaimana caranya supaya upaya pencarian Budi tidak sia-sia dan informasi yang disampaikan kepada Budi bisa dipercaya dan akurat.

Dari segi umur, Google pasti lebih percaya pada website yang sudah lama dibangun daripada website yang baru selesai dibangun dua hari yang lalu. Faktor usia domain ini jugalah yang menjadi nilai plus sehingga Blog Zombie masih banyak digunakan.

Selain umur, Google juga akan melihat, apakah website yang berisi tentang informasi "jam buka Disneyland Paris" ini banyak direferensikan oleh pemilik website yang lain atau tidak. Jika ya, berarti informasi yang disediakan disini memang lengkap atau selalu diperbarui atau ada sebuah informasi yang ada disini dan tidak tersedia dimana-mana.

backlink blog zombie
Data backlinks dari blog zombie berdasarkan ahrefs.com

Singkatnya, blog zombie masih sering digunakan sebagai salah satu teknik SEO karena memiliki kelebihan dari faktor usia domain, serta angka DA dan PA yang tinggi.

Untuk postingan pertama ini saya akan berusaha mengincar posisi halaman pertama di hasil pencarian untuk kata kunci "blog zombie" yang menurut informasi dari ahrefs.com ada sekitar 600 pencarian untuk kata kunci tersebut dalam satu bulan.

contoh hasil search volume
Estimasi volume pencarian untuk kata kunci "blog zombie" berdasarkan ahrefs.com
Jadi untuk hari pertama ini, saya melakukan satu buah postingan di sebuah blog zombie dengan DA 89.24 dan PA 27.74 tanpa tautan keluar satupun.

Silakan tekan Control+D atau Bookmark halaman ini untuk mengikuti kisah selanjutnya.

Terimakasih sudah berkunjung :)